Ribuan Aset Daerah Bondowoso Terancam Hilang, Pemkab Segera Buat Sertifikat

| | ,

Bondowoso( Miris.id)– Pj Sekretaris Daerah Bondowoso Sukaryo mengungkapkan sekitar 1.700 aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso berupa tanah dan bangunan belum memiliki sertifikat.

“Aset pemkab Bondowoso ini dalam kordinasi di rana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pemkab berupaya untuk menyelamatkan aset daerah agar tidak hilang, makanya pemkab akan di sertifikat,” katanya. Senin, (15 /2/2021)

Menurutnya, Dari data yang dihimpun, Tercatat, aset Pemkab Bondowoso sebanyak 2.638 bidang, sedangkan yang sudah bersertifikat sebanyak 938 bidang, sementara sisanya belum memiliki sertifikat baik berupa tanah dan bangunan.

Selanjutnya Sukaryo mengatakan, bahwa tanah bisa dikuasai oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab bila pemkab tidak segera menerbitkan sertifikat.

Disisi lain dalam hal ini dampak buruk ribuan aset Pemkab yang terancam hilang bila tidak segera di sertifikat pihaknya khwatir akan ditempati bangunan masyarakat .

“Kalau sudah ditempati bagunan rumah – rumah masyarakat, ini potensi akhirnya akan sulit untuk merelokasi, maka darinitu Pemkab diminta untuk segera mengurus pbuatan sertifikat atas aset daerah yang saat ini masih ribuan belum ada legalitasnyai,”Ujarnya.

Dirinya menjelaskan bahwa Pemkab Bondowoso akan menargetkan dalam tiga tahun semua aset Bondowoso harus sudah memiliki sertifikat. sehingga bisa terselamatkan.

“Kita punya target dalam tiga tahun untuk melakukan sertifikat, di tahun 2021 sebanyak 546 bidang, tahun 2022 sebanyak 600 bidang, dan di 2023 sebanyak 554 bidang, sehingga jumlahnya menjadi 1700 bidang,”Tandasnya.
(edo/red)

Previous

Hujan Guyur Situbondo, Tangkis Sungai Desa Klatakan Jebol

Rencana PCNU Cabang Besuki Sudah Dapat Respon PWNU dan PBNU Jatim, Apa Tanggapan Ulama di Kabupaten Situbondo ?

Next

Tinggalkan komentar