Menu Close

Seni Budaya

Seni budaya meruapakan istilah yang dihasilkan dari kolaborasi antara seni dan arti budaya. Berikut penjelasan secara runtutnya;

Seni

Kata “seni” dalam bahasa Indonesia mempunyai riwayat peristilahan yang tidak sederhana, baik dipandang dari segi terminologis maupun etimologisnya. Hal tersebut mulanya disebabkan karena ketiadaan padanan istilah yang pas dalam bahasa Indonesia/Melayu untuk konsep art dalam bahasa Inggris atau kunst dalam bahasa Belanda.

Asal mula kata seni dalam bahasa Indonesia tidak begitu jelas dan mempunyai banyak teori, antara lain:

Kata seni dari bahasa Melayu Riau (Sungai Rokan) yaitu sonik yang berasal dari kata ‘so’ atau ‘se’ yang memiliki arti ‘satu’, berasal dari bahasa Sanskerta ‘swa’ (satu), yang digabung dengan kata ‘nik’ yang memiliki sesuatu yang sangat kecil atau halus. Kata sonik/sonit/seni artinya suatu yang halus bentuk rupa maupun sifatnya.

Kata seni dari bahasa Sansekerta sani yang memiliki arti persembahan, pelayanan dan pemberian yang tulus, sehingga selalu dikaitakan dengan sebuah upacara keagamaan yang disebut dengan kesenian. Kata seni dari bahasa Belanda genie yang berarti genius atau mempunyai kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir. Jadi dapat disimpulkan bahwa seni itu merupakan kemampuan bakat yang dimiliki seseorang sejak lahir buah dari kejeniusan.

Budaya

Kata “budaya” juga berasal dari bahasa sansekerta yaitu “buddayah” yang artinya sesuatu yang terkait dengan dengan budi dan akan manusia. Dalam bahasa Inggris, budaya disebut culture, yang berasal dari bahasa latin colere, yang artinya mengolah atau mengerjakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa wujud budaya merupakan hasil olahan atau pekerjaan budi dan akal manusia.

Budaya juga dapat diartikan sebagai suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari beragam unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Budaya ialah suatu pola hidup menyeluruh. Budaya memiliki sifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya yang turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosial-budaya tersebut tersebar, dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Pengertian Seni Budaya
Seni budaya adalah segala hal yang diciptakan oleh manusia berkaitan dengan cara hidup dan berkembang secara bersama-sama pada suatu kelompok yang mempunyai unsur keindahan (estetika) secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Hal ini di dasarkan pada arti masing-masing kata seperti yang telah disebutkan sebelumnya, apabila kata “seni” dan “budaya” digabungkan menjadi “seni budaya” dapat diartikan sebagai setiap karya seni yang dibuat secara sengaja. Pembuatannya dengan berlandaskan pada akal atau budi yang dimiliki beragam contoh kelompok sosial masyarakat yang kemudian turun temurun dari generasi ke generasi.