Dugaan Pencemaran Nama Baik melalui Media Sosial, Akun Facebook Dharkan Dharkan Diadukan Ke Polres Situbondo

| | ,

Dugaan Pencemaran Nama Baik melalui Media Sosial, Akun Facebook Dharkan Dharkan Diadukan Ke Polres Situbondo

SITUBONDO ( Miris.id ) – milenial. Semua orang mengunggah dan berkomentar di akunnya masing-masing. Tapi, banyak dari mereka yang tidak tahu jika tindakan mereka bisa saja masuk dalam UU ITE! Seperti apa sih aktifitas di media sosial yang bisa membuatmu terjerat UU ITE? Masyarakat dewasa ini sudah tidak bisa lepas dari teknologi. Seiring kemajuan teknologi, munculnya media sosial (medsos) kini jadi candu bagi masyarakat kebanyakan. Gandrungnya masyarakat terhadap medsos akhirnya membuat pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Hal tersebut dilakukan agar ada hukum dan kaidah yang mengatur masyarakat dalam penggunaan media sosial. Sehingga tidak saling mengganggu hak dan kewajiban satu sama lain. Apalagi berkaitan dengan kepentingan hukum.

Tetapi, meski UU ITE telah disahkan, masih banyak masyarakat yang belum memahami betul bagaimana UU ITE ini berlaku. Seperti halnya Akun Dharkan Dharkan yang saat ini diadukan ke Polres Situbondo atas dugaan membuat perasaan tidak menyenangkan terhadap Yunita merdiana Anggraini selaku Pelapor / Korban.

Hal tersebut diawali status Akun Facebook Dharkan Dharkan yang mengunggah foto Lina Latifa, Ibunya dan Anaknya Yunita Merdiana Anggraini. Sambil disertai status Di Facebook nya.

” WAT MAGAWAT GI MASOGI, MOK MAKOMOK, JEK DEDDI TKW GEGMAGEGEK, NAPA POLE TAK PERNAH ANDIK KAPENTINGAN E SITUBONDO. BEN POLE TAK ENDIK HAK PILIH MATAK TODUS CAKNA HAHAHAHAHA,” Tulis Akun Facebook Dharkan Dharkan.

Hal tersebut langsung direspon oleh Yunita merdiana Anggraini selaku Korban / Pelapor untuk mendatangi Polres Situbondo guna untuk melakukan pengaduan.

Pelapor didampingi Oleh Kuasa Hukum nya Hendriyansyah SH dari Marlena Law Office & Partner.

” Saya datang ke polres didampingi oleh Kuasa hukum saya karena Ibu saya ada di Luar Negeri, jadi saya menerima Kuasa dari ibu saya untuk mengadukan dugaan Pencemaran Nama Baik ke Polres Situbondo,” Kata Yunita merdiana Anggraini selaku Korban / Pelapor.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kuasa Hukum Pelapor Hendriyansyah SH. Pihaknya mengatakan bahwa Korban Yunita merdiana Anggraini melakukan Pengaduan Tentang penghinaan dan pencemaran nama baik

” Benar , kami mendampingi saudari Yunita Melaporkan akun FB Dharkan dharkan mas,
Tentang penghinaan dan pencemaran nama baik,” Ujar Direktur Marlena Law Office & Partner. Selasa (24/11/2020).

Hendriansyah menerangkan bahwa pelaporan tersebut dikarenakan akun Facebook Dharkan Dharkan mengunggah Foto Keluarga Korban / Pelapor, sehingga Pihaknya merasa dicemarkan.

” Akun tersebut upload fotonya Lina Latifah, ibunya dan anaknya yang bernama Yunita Merdiana Angraini, Dengan kata – kata penghinaan seperti diatas,” terangnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Pengaduan diwakilkan kepada anaknya karena Ibu yang bersangkutan sedang bekerja di luar Negeri.

” Karena bu lina latifah ada di Singapura, akhirnya laporan diwakilkan ke anaknya dengan didampingi kami sebagai Kuasa Hukum nya,” Paparnya.

Pengaduan tersebut diterima oleh pihak Polres Situbondo sesuai dengan Pengaduan Masyarakat Nomer : LPM/ /XI/2020/JATIM/RES SITUBONDO Tanggal 23/11/2020. (San)

Previous

SM PRODEO PESIMIS PELANGGARAN PILKADA AKAN TERTANGANI OLEH BAWASLU KABUPATEN

EKO FEBRIANTO : PILKADA JANGAN SAMPE MEMPENGARUHI PROSES PENEGAKAN HUKUM

Next

Tinggalkan komentar