Bawaslu Dinilai Tebang Pilih Dalam Menangani Kasus Dugaan Money Politik Paslon 01

| | ,

Bawaslu Dinilai Tebang Pilih Dalam Menangani Kasus Dugaan Money Politik Paslon 01

SITUBONDO ( Miris.id ) – Keputusan Bawaslu Situbondo terkait Dugaan Money Politik yang dilakukan oleh Paslon 01 yang menurut Bawaslu tidak memenuhi Unsur dipertanyakan oleh Kuasa Hukum Pelapor Ahmad Zainuri Gazali.

Menurut Kuasa Hukum Amirul Mustafa (Pelapor) banyak keganjalan terkait putusan Bawaslu Situbondo yang mengatakan tidak memenuhi Unsur.

” saya tidak menginterfensi kinerja Bawaslu, akan tetapi jika memang benar tidak memenuhi Unsur setidaknya harus dijelaskan secara tertulis ,” Ujar Zainuri.

Lucunya menurut Zainuri Panggilan Akrabnya bahwa yang menerima Surat Putusan pertama adalah terlapor bukan Pelapor.

” Harusnya Pelapor dulu yang diberikan Surat Putusan bukan Mala Terlapor, menariknya Surat putusan dikirim secara resmi untuk terlapor sedangkan Pelapor baru tadi siang mendapatkan surat putusan dari Bawaslu sebuah surat Pernyataan Bahwa Pelaporan tersebut tidak dapat ditindaklanjuti karena tidak memenuhi Unsur sesuai Undang – Undang. tetapi tidak dijelaskan dengan alasan dan bukti yang jelas,” Ketusnya.

Perihal tersebut menimbulkan seribu tanda tanya, bahwa keputusan Bawaslu secara kilat memberikan kajian yang menyatakan semuanya tidak dapat ditindak lanjuti karena tidak memenuhi Unsur.

” Tidak memenuhi Unsur iya dijelaskan ? , Terus bagaimana dengan 9 orang yang mengembalikan Amplop, Pelapor menyerahkan kepada Bawaslu guna menjadi Tambahan Bukti , Bawaslu menolak katanya bukan rananya loh kok bisa ? 9 orang yang sudah taat pada aturan datang ke Bawaslu tidak pernah diperiksa Bawaslu lalu terbitlah Keputusan bahwa tidak memenuhi Unsur Lucu sekali ,” Lanjutnya seraya tersenyum.

Ia mengatakan bahwa jika memang putusan tersebut tidak memenuhi Unsur seharusnya Bawaslu juga melampirkan alasan dan Bukti – bukti yang masuk diakal untuk dikatakan tidak memenuhi Unsur.

” Katanya Pihak Bawaslu tidak bisa menerangkan alasannya ke Publik paling tidak disurat tembusan kepada Pelapor karena Pelapor agar paham dan mengkaji dimana letak tak memenuhi Unsur tersebut, semestinya didalam surat Putusan yang dikirim untuk terlapor itu dijelaskan misal seperti ini. Pihak Bawaslu tidak bisa melanjutkan pelaporan dugaan Money Politik dikarenakan tidak memenuhi Unsur, sesuai bukti saksi sudah diperiksa , alat bukti yang tak mencukupi, harusnya seperti itu bagaimana langsung mengkaji tidak memenuhi Unsur kalau saksi penerima 9 orang itu mengakui karena takut alat bukti amplop yang diserahkan ke Bawaslu Mala Pihak Bawaslu menolak ada apa ini,” Pungkasnya.

Ahmad Zainuri Gazali menegaskan jika pihak Bawaslu tidak bisa memberikan alasan yang jelas, maka saya akan laporkan Ke DKPP dan juga Bawaslu Provinsi.

” Video yang membagikan ada, yang menerima juga ada , bukti amplop juga ada terus 3 Terlapor dikatakan semudah itu tidak memenuhi Unsur, misal ini alasan menjaga Kondusifitas itu tidak bisa ditolerir karena yang namanya Hukum tetap harus ditegakkan,” Tutupnya. (San)

Previous

Busyet ! Eks Kades Demung Yudi Suriyantono Belum Kembalikan Silpa DD Rp. 270 Juta Rupiah

SM PRODEO PESIMIS PELANGGARAN PILKADA AKAN TERTANGANI OLEH BAWASLU KABUPATEN

Next

Tinggalkan komentar