Jembatan Penghubung Dua Dusun Desa Kukusan Putus, Bupati Karna Suswandi Akan Perbaiki Dengan Dana APBD

| |

Jembatan Penghubung Dua Dusun Desa Kukusan Putus, Bupati Karna Suswandi Akan Perbaiki Dengan Dana APBD

SITUBONDO ( miris.id ) – lagi – lagi akibat hujan deras mengguyur Kabupaten Situbondo membuat Jembatan Di perbatasan antara Dusun Potos Selatan dengan Dudun Krajan utara Desa Kukusan
Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo Putus atau Amblas.

Menurut salah satu Warga Dusun Potos Selatan Heri menceritakan Kronologi terjadinya ambruknya Jembatan Penghubung Dua Dusun di Desa Kukusan.

” sekira pukul 04.00 WIB terjadi jembatan ambruk, jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung di dua dusun yaitu Dusun Potos Selatan dengan Dusun Krajan utara Desa Kukusan mas, Sebelum kejadian, Pada hari Sabtu (27/2/2021) sekitar pukul 17.00 WIB wilayah Desa Kukusan diguyur hujan deras yang mengakibatkan debit air di aliran sungai gunung ringgit semakin besar sehingga pondasi/penyangga jembatan terkikis air, lalu pada pagi harinya sekitar Pukul 04.00 WIB terjadi jembatan putus/amblas sehingga akses jalan tidak bisa dilewati,” Jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa jembatan tersebut sudah dibangun sekitar Tahun 1998 silam, dengan Panjang Kurang lebih 15 meter dan Lebar 3 meter.

” Jembatan yang mengalami Putus dan amblas tersebut dibuat kurang lebih pada tahun 1998 dengan panjang 15 Meter dan lebar 3 Meter mas,” Paparnya.

Respon cepat Bupati yang baru dua hari kemarin dilantik oleh gubernur Jawa Timur Khofifah Indar parawansa, Sekitar Pukul 08.32 WIB Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, MM tiba dilokasi kejadian, Bupati yang membawa Gaung Slogan Perubahan ini
selanjutnya melaksanakan peninjauan dan pengecekan jembatan yang putus/amblas.

” APBD 2021 memang belum di sahkan, akan tetapi dengan adanya bencana ini mungkin bisa mempercepat pengesahan APBD 2021, untuk dilakukan pembangunan Jembatan di Desa Kukusan ini,” Kata Bupati Situbondo yang akrab disapa Bung Karna.

Atas kejadian ini Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam kejadian tersebut, Kerugian di tafsir kurang lebih Rp. 1.000.000.000,- (1 Milliyar).
saat kejadian berlangsung tidak ada warga yang melintas di jembatan.
Untuk saat ini warga Dusun tersebut menggunakan jembatan alternatif ( darurat ) yang hanya bisa di lewati oleh kendaraan roda dua dan pejalan kaki.

Atas bencana putus nya jembatan tersebut dihadiri oleh beberapa pihak yakni Bupati Situbondo Karna Suswandi, Anggota DPRD Situbondo, Kecamatan Kendit beserta jajarannya, Anggota Polsek Kendit, Anggota Koramil Kendit, Anggota Pusdalops BPBD
Kabupaten Situbondo, Kepala PUPR Situbondo, Anggota Tagana, Dinsos Kabupaten Situbondo, Perangkat Desa Kukusan, Agen relawan bencana serta Puluhan Warga setempat.

( Anang Rudiarto/ Wardi )

Previous

Bupati Karna Santuni Anak Yatim, Dan Siap Membangun Situbondo Kedepan

Jelang Pensiunan Camat H. Marjulis, Wariskan Permasalahan Desa Paowan Kecamatan Panarukan

Next

Tinggalkan komentar