SATU PAKAIAN PANGLIMA KERAJAAN MAJAPAHIT MASIH TERSIMPAN.

| | , ,

PAKAIAN KEBESARAN PANGLIMA KERAJAAN MAJAPAHIT MASIH TERSIMPAN DI DUSUN KK 26.

BONDOWOSO, Miris.id – Tempat sejarah merupakan salah satu bukti adanya aktifitas pada jamannya, seperti dusun Karang Kinik 26 desa Olean Situbondo.Memiliki beberapa adat dan budaya Kerajan Majapahit yang masih lestari hingga saat ini.

Salah satunya pakaian dan ikat kain kepala (Odheng) yang dipercaya merupalan pakaian kebesaran pengawal pangeran Tunggul Angin yang masih tersimpan meskipun robek di beberapa bagian akibat termakan usia namun dianggap sakral.Warna pakaiannya gelap dengan jahitan tangan cukup halus. Motif batiknya memiliki ciri khas Jawa Tengah Jawa Tinur dengan paduan warna merah hati namun ni merupakan hasil karya tangan dengan tingkat dewa.

Bila ditarik sejarah pada Jaman Kerjaan Majapahit, kain yang digunakan memiliki kwalitas tinggi menginggat usia kedua jenis kain masih utuh meski usianya mencapai ratusan tahun.

Kades Olean Ansori mengatakan ,” Pakaian ini diperkirakan pakaian yang dipakai salah satu pabglima di jaman kerajaan Majapahit.Kini pakaian ini disimpan warga di dusun Karang Kinik.Satu kain berwarna coklat, jjka melihat ukurannya dipastikan kain untuk blangkon “, terangnya di dusun KK 26.

Keberadaan dusun KK 26 ini diharapkan pemerintah daerah Situbondo melalui tangan Dinas Pariwisata bisa melestarikannya sekaligus mempromosikan dusun ini jadi tempat wisata budaya dengan bekerjasama dengan pemerintahan desa Olean kecamatan Situbondo.(Cipto)

.

Previous

Miris ! Warung Kopi Pinggir Jalan milik Warga Landangan Ludes Digondol dan Dirusak Maling

91 KPM DESA PATEMON TERIMA BLT DD TAHAP KE-1 2021.

Next

Tinggalkan komentar