Rapat Paripurna Pengesahan APBD Berjalan Lancar, Lima fraksi Minta Jabatan Sekda Sudah Layak kaderisasi jabatan

| | ,

Rapat Paripurna Pengesahan APBD Berjalan Lancar, Lima fraksi Minta Jabatan Sekda Sudah Layak kaderisasi jabatan

SITUBONDO, (Miris.id) – Rapat paripurna pengesahan Raperda APBD tahun 2021 digelar oleh DPRD Situbondo, Pasalnya dari enam fraksi semuanya menyepakati pengesahan APBD tahun ini. Senin (8/3/2021).

Namun lucunya, Paripurna kali ini nampaknya dimanfaatkan lima fraksi untuk ‘menggoyang’ kursi Sekertaris Daerah, yang saat ini dijabat oleh Syaifullah.

Mengapa tidak ?, Hal ini terungkap saat penyampaian pandangan akhir (PA) fraksi fraksi, kesempatan pertama disampaikan oleh fraksi gabungan PPP, Gerakan Indonesia Sejahtera (Gerindra-PKS), Demokrat, serta PDIP, yang disampaikan dalam satu dokumen atau bersamaan.

Berdasarkan, Dari 18 poin PA yang disampaikan oleh juru bicara Siti Maria Ulaf yang juga anggota fraksi Gerindra, ada dua poin yang dinilai menarik, salah satunya adalah persoalan tambang yang tidak sebanding dengan biaya pemerintah memperbaiki jalan rusak akibat aktifitas tersebut.

“ Pada tahun 2020, sektor tambang hanya setor Rp 400 juta ke Kas Daerah, ini sangat kontradiktif dengan kerusakan jalan yang dialami. Untuk itu harus diatur, karena Dinas PUPR harus memperbaiki jalan rusak akibat tambang hingga Rp 5 miliar,” Kata Ulfa, saat membacakan dokumen PAnya.

PA fraksi gabungan ini juga mengkritisi tentang jabatan Sekda Syaifullah, yang sudah memasuki tahun ke 8. Terkait kondisi itu, Bupati diminta untuk segera berkoordinasi dengan Pemprov, terlebih Syaifullah diketahui sudah lolos ujian Widya Iswara, dan bisa mengemban tugas sebagai pengajar bagi ASN di Provinsi.

“ Saatnya Sekda beraktualisasi di provinsi, Sekda sudah mengharumkan nama Situbondo dengan lulus di Widya Iswara,” Paparnya.

Senada juga fraksi Golkar pada dasarnya menyetujui atas Raperda APBD, meski kemudian dalam PAnya juga mengkritisi terkait jabatan Sekda Syaifullah yang sebenarnya sudah layak untuk dilakukan kaderisasi jabatan.

“ Catatan fraksi Golkar, berdasarkan pasal 19 pasal 117 uu 4 ASN, jabatan pimpinan tinggi hanya dijabat 5 (lima) tahun, dapat diperpanjang selama 2 (dua) tahun, berdasarkan evaluasi kinerja. Untuk itu maka saudara bupati segera melakukan regenerasi jabatan pimpinan tertinggi, dengan membuka seleksi pejabat pratama ini,” Pungakas Suswo fraksi Golkar.

Sedangkan fraksi PKB, tidak banyak memberikan masukan dalam PAnya. Partai yang dulunya tidak mengusung Karna Suswandi – Khoirani ini, lebih menitik beratkan kepada persoalan subsidi pupuk. PKB menilai, anggaran Rp 5 miliar yang dialokasikan terhadap subsidi pupuk dirasa terlalu kecil.

“ Seharusnya subsidi pupuk tidak pada urea saja, karena urea bisa merusak unsur hara tanah. Dalam eRDKK disebutkan, jika petani yang menerima subsidi ini mencapai 32.498. Anggaran 5 miliar rupiah ini tidak mungkin mengatasi kekurangan pupuk,” ujar juru bicara fraksi PKB, Ahmad Junaidi.

Usai pandangan akhir ini, Ketua DPRD Edi Wahyudi, yang juga pimpinan sidang menegaskan, jika seluruh anggota DPRD yang hadir sesuai forum, untuk itu sidang ini ditutup.

“ Secara garis besar semua fraksi menyetujui Raperda RAPBD disahkan menjadi definitif, untuk formalnya apakah menyetujui atau tidak,” ujar pimpinan sidang, secara serentak seluruh anggota yang hadir menyatakan setuju.

Bupati Situbondo Karna Suswandi, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota DPRD, yang sudah berkomitmen dan bekerja cepat menyelesaikan APBD dalam waktu yang cukup singkat.

“ Dalam sejarah APBD, baik pada saat di Bondowoso dan Lumajang, ini adalah pembahasan APBD yang paling cepat. Untuk itu kami berterimakasih atas disahkannya Raperda APBD ini, nanti akan kami bawa ke Gubernur untuk kemudian kembali ke DPRD agar segera menjadi definitif,” Tegas Orang Nomer satu di Kabupaten Situbondo ini.

( Elly )

Previous

Diduga Minimnya Pengelolaan Sampah, Menjadi Sebab Lingkungan RW:20 Terpaksa Melakukan Kerja Bakti Sosial

Masyarakat RW. 20, Keluhankan Masalah Penanganan Sampah Di Gang IKIP Argopuro

Next

Tinggalkan komentar