Program PTSL Desa Kalimas Diutamakan Selesai Tahun 2021 Ini, Selambat – Lambatnya Awal Tahun 2022

| | ,

Program PTSL Desa Kalimas Diutamakan Selesai Tahun 2021 Ini, Selambat – Lambatnya Awal Tahun 2022

SITUBONDO ( Miris.id ) – PTSL yang merupakan program sertifikasi gratis dari pemerintah, hal ini dikarenakan masih banyaknya tanah yang belum bersertifikat. Selain itu, lambatnya proses pembuatan sertifikat tanah selama ini menjadi perhatian pemerintah, sehingga melalui kementerian ATR/BPN diluncurkannya Program Prioritas Nasional yang berupa percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap tersebut.

Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL adalah proses pendaftaran tanah pertama kali. Dilansir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, program tersebut dilakukan serentak di seluruh Indonesia bagi semua objek pendaftaran tanah yang belum terdaftar dalam suatu wilayah desa/kelurahan atau yang serentak dengan itu.

PTSL yang begitu populer di masyarakat dengan istilah sertifikasi tanah ini, sepenuhnya dijamin oleh pemerintah mengenai kepastian hukum serta perlindungan hukumnya pada hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Manfaat PTSL bagi Pemilik Rumah
Program PTSL dapat membantu anda terhindar dari sengketa tanah kepemilikan

Lalu apakah manfaat PTSL bagi anda pemilik rumah yang belum bersertifikat? Tentunya program ini menguntungkan anda sebagai pemilik aset. Tanah yang tidak didaftarkan pada badan pertanahan beresiko akan bermasalah atau terjadi sengketa. Contoh paling jelas adalah perebutan lahan yang sering terjadi di berbagai wilayah Indonesia, baik sengketa antar keluarga maupun pengusaha, BUMN, dan pemerintah.

Untuk menghindari sengketa yang tidak diinginkan ini, anda dapat mengklaim tanah yang dimiliki dengan surat-surat yang lengkap. Sehingga, anda sah dimata hukum sebagai pemilik tanah tersebut. Dengan kepemilikan sertifikat tanah juga mempermudah anda dalam perizinan usaha dan pembangunan di tanah tersebut. Jika anda ingin memiliki tanah dengan surat-surat yang aman, berikut daftar tanah dijual wilayah Jawa Timur. Tahukah anda bahwa metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian terkait untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang berupa sandang, pangan, dan papan.

Melalui Kepala Urusan Umum Agung Wisnugroho Terkait Program PTSL di Desa Kalimas Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo yang mengajukan Permohonan PTSL 820 Pemohon.

” Benar mas Desa Kalimas mengajukan Permohonan 820 Pemohon PTSL,” Katanya Mengawali.

Selaku Kepala Urusan Umum BPN Kabupaten Situbondo Pihaknya membenarkan bahwa Penyelesaian PTSL di Desa Kalimas secara bertahap, bahkan diusahakan akan selesai pada Tahun 2021.

” Kalau berkas lengkap memang diusahakan selesai Tahun 2021 ini. bertahap ada yang selesai Bulan September, Nopember dan Bulan Desember,” Tuturnya

Masih Agung Wisnugroho, jika ada berkas yang harus dilakukan Perbaikan, maka Penyelesaian bisa selesai di tahun 2022.

” jika ada yang perbaikan berkas untuk kelengkapan sebagian kecil ada yang selesai mungkin Bulan Pebruari atau Bulan Maret 2021, Tahun depan jika ada berkas yang harus diperbaiki,” Tutup nya.

( Asro )

Previous

BABINSA 0822/05 KORAMIL PAKEM DAMPINGI PENYERAHAN BLT DD TAHAP KE-1 2021

113 KPM DESA KLAMPOKAN TERIMA BLT DD

Next

Tinggalkan komentar