MIRIS..!!! Musrenbang Dilaksanakan Tanpa Adanya Dukungan Anggaran

| | ,

MIRIS..!!! Musrenbang Dilaksanakan Tanpa Adanya Dukungan Anggaran

SITUBONDO ( Miris.id ) – Kegiatan tahapan pembahasan rencana anggaran dan pendapatan dan belanja daerah ( APBD ) tahun anggaran 2022 serentak dilaksanakan oleh semua desa dan Kelurahan di Kabupaten Situbondo, berdasarkan surat edaran dari badan perencanaan pembangunan Daerah tahapan kegiatan tersebut harus dilaksanakan.

Namun yang membuat miris banyak kalangan bahkan pejabat di tingkat desa/kelurahan serta kecamatan kegiatan tersebut tanpa adanya dukungan anggaran tidak seperti biasanya seperti rutin dilaksanakan tahun tahun sebelumnya.

Hal ini disebabkan karena Seperti APBD tahun anggaran 2021 disahkan melalui Peraturan Bupati ( Perbup ) yang hanya menganggarkan gaji pegawai dan belanja rutin kantor.

saat media ini mengkonfirmasi hal tersebut kepada pejabat bappeda situbondo Anang disampaikan bahwa kegitan tersebut sesuai dengan petunjuk Bappeda provinsi Jawa Timur memang harus dilaksanakan.

” Iya mas benar telah dilaksanakan musrenbang di tingkat desa/kelurahan bahkan agenda selanjutnya ora musrenbang di tingkat kecamatan itu sudah sesuai dengan amanat permendagri 86/17, bahkan di Situbondo ini pelaksanaan nya tergolong terlambat seharusnya sejak bulan januari kemarin harus dilaksanakan,” ujar Nanang saat ditemui awak media online ini.

Nanang Trianggana Rakhman, S,Hut sebagai Kasubbid Perencanaan dan Pendanaan Bappeda Pemkab Situbondo, menimpali bahwa tidak Instruksi terkait Dana Talangan.

” Tidak benar bappeda menginstruksi untuk menggunakan dana talangan sebab kita memang tidak punya anggaran sebab APBD tidak menyediakan, Bappeda menawarkan Musrenbang dilaksanakan secara daring atau secara online,” Tegasnya.

Ia juga menuturkan bahwa pada hari Senin (15/2/2021) semua Camat di Kabupaten Situbondo mendapatkan arahan langsung dari Sekda Situbondo H. Syaifullah melaksanakan Tahapan tanpa mengeluarkan Biaya.

” Senin semua camat sudah dapat arahan drlari sekda, tetap melaksanakan tahapan perencanaan dengan tanpa mengeluarkan biaya, dan sedangkan oleh Bappeprov, situbondo dijadwalkan Tanggal 25 Maret Sudah harus selesai melaksanakan Musrembangkab, jadi solusi dari bappeda bisa dilakukan secara daring tanpa menyediakan makan minum,” Tutupnya.

Saat dikonfirmasi salah satu Desa yang meminta namanya dirahasiakan membenarkan terkait pelaksanaan Tahapan Musrembang Tersebut, Namun pihaknya terkait masalah Mamin dalam Kegiatan Tersebut juga membenarkan arahan dari camat tanpa menyediakan Makan Minum tetapi menurutnya menjadi tak etis jika tidak ada jamuan apalagi namanya kegiatan.

” Mungkin arahan camat ke Semua Kepala Desa dan Lurah seperti itu, tapi merasa tidak etis mas, kalau ada kegiatan tidak diberikan segelas air Putih gelasan dan sedikit makanan ringan, jika benar tanpa adanya makan dan minum pasti Kadesnya yang dibicarakan pelit lah , itulah tidak tahu zaman sekarang mas bagaiamana, jadi ini sudah menjadi keharusan meski tanpa adanya aturan ataupun ada aturan tetap mau tak mau Pihak Kelurahan/ Desa tetap harus menyediakan daripada nama kita yang jadi perbincangan,” Ketusnya Seraya berulang kali meminta Namanya tidak disebutkan.

( ACh/FR )

Previous

WARGA PUJER MINTA DINAS TERKAIT SEGERA BERSIHKAN PENYUMBAT SALURAN PASAR PUJER

Koramil 0823/03 Kapongan Dan Satpol PP Laksanakan Penegakan Disiplin Prokes Covid-19 Di Kecamatan Kapongan

Next

Tinggalkan komentar