Menu Close

Miris ! Minyak di Situbondo Tak Sesuai Takaran

MIRIS.ID Situbondo – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Situbondo temukan kemasan minyak goreng tak sesuai takaran. Secara tidak sadar, hal itu membuat konsumen dirugikan.

Kasi Pengawasan Kemetrologian Disdagin Situbondo, Hevin Switerson menjelaskan, dirinya bersama petugas gabungan sengaja melakukan sidak ke tiga tempat pengemasan minyak goreng di Kota Santri. Yaitu di Kecamatan Situbondo, Kapongan dan Arjasa.

“ Dari total ada 14 sampel yang kita periksa. 4 diantaranya tak sesuai takaran,” kata pria yang akrab disapa Hevin itu.

Ia menambahkan, kemasan tersebut tak sesuai kemasan yang berada di label. Hevin mencontohkan, di label kemasan bertulis 450 mili liter, tapi setelah di cek dengan alat ukur, minyak goreng tersebut hanya berisi 380 mili liter.

“ Tentu ini menyalahi aturan dari Permendagri nomer 31 tahun 2011, tentang barang dalam keadaan terbungkus,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pemilik kemasan minyak goreng, Deni menjelaskan, minyak berbeda dengan air mineral. Sebab, dia beralasan bahwa minyak susah diatur. Karena massa jenis minyak sering berubah-ubah tergantung dari suhu.

“ Kekentalan minyak sendiri berubah-ubah,” kata dia saat setelah ditemukan ada beberapa kemasan tak sesuai volume.

Dia merasa senang, karena sudah dilakukan pemeriksaan takaran volume, dia juga berharap semua tempat pengemasan minyak goreng dilakukan pengecekan. Agar beberapa pengusaha minyak mengikuti harga standart yang masuk akal dan tidak menyalahi aturan yang beraku.

“ Jadi harga bisa bersaing dengan sehat,” tutup Deni.

(Fr/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *