Menu Close

Miris ! Kepala Desa Kayumas Abdul Jalil benarkan adanya Pemotongan, Delapan Penerima BLT – DD

MIRIS.ID Situbondo – Dengan keluarnya Surat Edaran (SE) dari kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( PDTT ) Nomor 1261/PRI.00/IV/2020 terkait dengan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) untuk keluarga miskin terdampak dengan wabah virus Corona Covid-19.

Pemerintah Desa Kayumas kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo , melakukan pencairan BLT DD Tahun anggaran 2020 pencairan tahap Ketiga dengan jumlah sebesar Rp. 600.000, Selasa (7/7/2020).

Kepala Desa Kayumas Abdul Jalil, serta turut hadir perwakilan kecamatan arjasa Moch Khoirul Ansori , Kapolsek Arjasa IPTU Suratman,Kanit Sabhara Aipda Anang.R,S.H ,Kanit provost Aipda jono , Sertu Raden Didepan penerima 205 KK mendapatkan jatah BLT sebesar Rp 600.000 dari jumlah KK keseluruhan sebesar 2.173 KK, sedangkan yang lainnya terdaftar sebagai Penerima PKH, BPNT dan BST.

Secara Simbolis Kepala Desa Kayumas Abdul Jalil didampingi oleh Babinkamtibmas Bripka Johan dan Babinsa Serda Saiful memberikan Bantuan ke salah satu warga kayumas.

“ hari ini kita melakukan penyaluran BLT DD tahap kedua dan tidak ada hambatan apapun dan lancar,Dirinya menambahkan Beberapa warga kami sudah mendapatkan bantuan terbagi Dari BST,BLT,PKH dan BPNT,” Kata Abdul Jalil.

Dirinya juga berharap dengan bantuan BLT DD tahap ketiga ini bisa meringankan beban Masyarakat Desa Kayumas Kecamatan Arjasa.

“ Dengan adanya bantuan dari pemerintah ini mudah mudahan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, di tengah menghadapi pandemi Covid 19 saat ini,” Harapnya.

Adapun Bagi Warga yang masuk ke balai desa Kayumas Harus tetap mengikuti protap kesehatan pemerintah Misal, memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak guna memutus mata rantai Covid 19, Bagi warga Penerima yang mengambil Bantuan harus membawa undangan dari desa dan membawa KTP,KK Asli dan juga serta dibubuhi materai “. Tambahnya

Sementara saat ditanyakan terkait dugaan pemotongan tersebut, Abdul Jalil membenarkan adanya Pemotongan Uang Pembagian BLT – DD di Desanya.

” Setelah Saya konfirmasi Setelah pembagian BLT – DD Tahap ketiga berlangsung, Saya memanggil perangkat Desa yang Diduga Pemotongan Bantuan tersebut, Memang Dibenarkan Pemotongan tersebut Sebanyak 8 orang dan nominal perorang sebanyak 50.000 (Lima Puluh Ribu Rupiah).Keuangan tersebut dengan Alasan untuk Disumbangkan Pembangunan Mesjid”. Ungkap Jalil.

Masih Jalil, Dalam Hal ini Kami Pemerintah Desa menyesalkan terkait pemotongan tersebut tanpa konfirmasi ke pihak Desa dan Sekali lagi menghimbau keras kepada Perangkat saya jangan sampai memotong atau menerima bantuan berupa apapun , Dan juga saya menghimbau pula kepada warga desa kayumas , apabila ada perangkat saya melakukan hal seperti itu , jangan takut untuk melaporkan kepada Babinsa atau babinkamtibmas desa kayumas karena kita disini ada tiga pilar” Pintanya Dengan Geram.

Salah satu Warga selaku Penerima Dana Bantuan Enik Susmiyati Dusun Kayumas RT 01/ RW 01 (41th) menuturkan.

” Saya sangat banyak terima kasih kepada pemerintah khususnya Desa Kayumas yang mana Bantuan ini Sangat berguna bagi saya,dan keuangan ini saya belanjakan untuk kebutuhan sehari hari saya seperti Beras,minyak,telur,dan mie (Sembako) ,” Tuturnya Dengan Wajah Tersenyum.

(Fe/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *