Kisah Pemimpin Yang Dilengserkan Rakyatnya Sendiri

| | ,

Gambar Ilustrasi

SITUBONDO (Miris.id) – Problem yang terjadi di Desa Paowan ini benar – benar menjadi sejarah pertama kali di Kabupaten Situbondo
,Dimana seorang Pemimpin (Kepala Desa) Melaporkan Warganya sendiri. Hal tersebut diungkapkan oleh Taufik Hidayat selaku Pemerhati Desa di Kabupaten Situbondo.

Menurutnya sejak zaman orde baru, tidak ada Kepala Desa melaporkan Rakyatnya sendiri, ini jelas pertama kalinya khususnya di Kabupaten Situbondo.

” Sejak zaman orde baru ini pertama kalinya Seorang Pemimpin (Kepala Desa) Melaporkan Warganya sendiri, entah itu dengan alasan apapun, ini sebuah sejarah baru,” Ungkapnya. Sabtu (31/10/2020).

Pihaknya menuturkan jangan sampai tindakan yang dilakukan oleh Kepala Desa Paowan itu, membuat dirinya lengser dari jabatannya sebelum masa 1 Periodenya.

” Anda dipilih oleh masyarakat atau oleh rakyat Paowan, jangan sampai anda juga di lengserkan oleh masyarakat juga,” Tuturnya.

Dia menceritakan sebuah sejarah Kepemimpinan Presiden Ukraina Viktor Yanukovych, dimana Presiden tersebut pernah dilengserkan oleh rakyatnya bahkan sampai diusir dari Negaranya.

” Lembar sejarah dunia kini mencatat nama mantan Presiden Ukraina Viktor Yanukovych menjadi salah satu pemimpin negara yang digulingkan rakyatnya sendiri. Selama berabad-abad, dunia sudah mencatat ratusan pemimpin yang awalnya begitu dielu-elukan, tetapi kekuasaan para pemimpin itu berakhir tragis di tangan rakyat mereka sendiri. 
Bahkan Setelah tergusur, sebagian para pemimpin itu harus terusir dari negerinya sendiri,” Ujar Taufik Hidayat.

Akan tetapi pihaknya berharap semua itu jangan sampai terjadi, dan mengharapkan semua permasalahan di Desa Paowan berakhir dengan Perdamaian dengan cara kekeluargaan.

” Iya saya berharap itu tidak terjadi, jika itu terjadi maka sejarah akan terjadi di Kabupaten Situbondo ini, intinya harapan kami iya permasalahan ini bisa selesai dengan cara kekeluargaan,” Tutup nya.

Seperti apa yang dikatakan Kepala Desa kemarin, bahwa pihaknya melakukan pelaporan terhadap warganya semata – mata menjaga Marwah Pemerintahan Desa, jadi mari kita lihat permasalahan tersebut berkahir dengan damai atau akan terjadi lagi hal yang lebih menegangkan.

( Anang Rudianto )

Previous

Pelaporan Yang Dilakukan Kades Terhadap Warganya, Jangan Sampai Menjadi Runtuhnya Pemerintahan Desa Paowan

Pemilihan ketua club mobil HCS Periode 2020 – 2023, Berharap Club HCS Lebih Baik Lagi

Next

Tinggalkan komentar