Kades Berjuluk Sakti Mandraguna Inisial SH Dilaporkan Dugaan Penipuan Dan Penggelapan, Ini Cuitan Netizen

| | ,

Kades Berjuluk Sakti Mandraguna Inisial SH Dilaporkan Dugaan Penipuan Dan Penggelapan, Ini Cuitan Netizen

SITUBONDO ( miris.id ) – Oknum Kepala Desa (Kades) Paowan inisal SH, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo diinformasikan terjerat kasus hukum kembali. Kali ini, ia terlibat dalam kasus dugaan Penipuan dan Penggelapan, yang ancaman hukuman nya bisa sampai 4 atau 5 tahun penjara. Keterangan tersebut diperoleh, dari begitu banyak dan santer nya bukti pemberitaan di media yang telah menerbitkan. Senin, (1/2/2021).


Kades Paowan Saiful Hadi S,Pd

Berita miring, yang membuat “wirang” memalukan (bahasa Jawa) bagi seluruh anggota keluarga, dari ulah siapapun pelaku nya itu. Sempat menjadi sorotan kalayak ramai yang mengakibatkan kehebohan dan kembali menjadi sasaran celotehan masyarakat Situbondo, khusus nya warga Desa Paowan.

Seperti tidak ada kujung habisnya, permasalahan yang terjadi di Desa Paowan. Baik tentang masalah yang terkait dengan Pemerintahan desa maupun masalah pribadinya. Kades yang sering mendapatkan berbagai komplain dari warga nya terkait jarang aktif atau jarang masuk kantor di lingkup Pemerintahan nya tersebut mendapatkan tanggapan dari LF yang seorang ibu rumah tangga.

“Paowan Pole.. Paowan Pole.., Berita nya kog terus Paowan Pole..” ungkap LF, warga Karisidenan Besuki dalam logat bahasa Madura.

Senada dengan yang diungkapkan EA, “Miris, bagaimana mungkin Kades yang semestinya dapat memberikan teladan, malah diduga melakukan tindakan yang tidak terpuji. Seperti masalah contoh yang membelitnya sekarang, yakni dugaan kasus Penipuan dan Penggelapan mobil rental.” Ketus EA warga Kalibagor dalam penjelasannya, sembari menyeruput wedang jahe yang diteguk nya.

Oknum kades yang dikenal “Sakti Mandraguna” tersebut ditengarai akan berhadapan dengan Hukum Pidana sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 378 sub 372 KUHP, setelah dilaporkan Sugiyanto (Purnawirawan Polisi), warga Jalan Merak, Rt:01/RW:03, Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Situbondo atas dugaan Penipuan dan Penggelapan.

Sugiyanto (Korban) dengan didampingi Panji Trisno Bramanti dari Lembaga Investigasi Negara (LIN) Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Situbondo melayangkan laporan tersebut ke Polres Situbondo pada Senin sore kemarin, 01 Februari 2021 yang tertuang dalam berkas Laporan Polisi Nomor LP-B/27/II/RES.1.11/2021/RESKRIM/SPKT P.

Kisah miris ini berawal pada bulan Oktober tahun 2020. Korban yang saat itu bersama ponakan nya (Rudi Purnomo) didatangi oleh penyewa mobil dengan alasan sewa, dipergunakan untuk proyek. Namun yang bersangkutan tidak dijelaskan bakal dipakai untuk urusan proyek yang seperti apa.

Di hadapan wartawan ia menuturkan, “Terkait sewa mobil yang sudah melewati batas tanggal sewa nya, Kades Paowan hanya bisa janji-janji terus mas. Bahkan sampai dengan dibuatkan surat pernyataan. Dalam pernyataan, saat itu dia berjanji akan mengembalikan nya (Mobil) dalam waktu 34 hari. Tapi sudah melewati batas waktu perjanjian pengembalian, dia belum juga mengembalikan. Dia hanya berjanji dan berjanji saja, namun belum juga mau mengembalikan. Itu tidak sesuai dengan janjinya sendiri.” Jelas nya.

Sugiyanto melanjutkan, “Kami sudah melakukan pendekatan, baik musyawarah mufakat dan secara kekeluargaan. Namun yang bersangkutan tidak memperhatikan. Maka terpaksa saya melaporkan kejadian tersebut.” Imbuhnya.

Menurut keterangan korban, Kades Paowan sudah lebih dari 3 bulan menunggak pembayaran uang sewa mobil. Yang dalam transaksi diperoleh kesepakatan sewa-menyewa dengan harga Rp 250.000/hari. Akumulasi sewa-menyewa selama lebih dari 3 bulan dikalikan Rp 250/hari, diperoleh kerugian sebesar 25 jutaan. Di tambah harga kisaran mobil seharga 120 juta, yang sampai saat ini kondisi fisik nya entah raib kemana.

Hingga berita ini diterbitkan, Kades Paowan inisial SH, masih belum melakukan konfirmasi kepada awak media terkait pertanyaan wartawan adanya dugaan Penipuan dan Penggelapan yang dituduhkan kepada nya.

(A.Ch)

Previous

Pimred Serahkan SK Teropong Timur News Situbondo Sebagai Bentuk Apresiasi

Dibawah Kepemimpinan Kades Adi Chandra Kirana Desa Duwet Aman Dan Tentram

Next

Tinggalkan komentar