HASIL KERAJINAN WARGA BAJURAN BERKWALITAS, PERLU DUKUNGAN PEMERINTAH.

| | ,

HASIL KERAJINAN WARGA BAJURAN BERKWALITAS, PERLU DUKUNGAN PEMERINTAH.

Foto : Cip. MUNIF PEMBUAT KERAJINAN

BONDOWOSO, Miris.id – Kerajinan anyaman bambu hasil karya tangan warga Bajuran kecamatan Cermee memiliki hasil karya yang cukup berkwalitas meskipun proses pembuatannya masih tradisional.

Beberapa hasil yang sudah mulai dipasarkan baik di pasar Cermee maupun di luar kecamatan Cermee seperti, peci, kap lampu, tempat air mineral, tempat kue, dan lainnya terkendala permodalan dan mobilisasi ke tempat pemasaran berupa lkendaraan pengangkut Motor Gerobak Roda Tiga.

Seperti Munif pembuat kerajinan mengatakan,” Sebenarnya saya dan kelompok menginginkan kendaraan gerobak roda tiga.Kendaraan itu nantinya digunakan mengangkut barang kerajinan ke tempat pemasaran.Sementara ini barang dibawa menggunakan sak bekas tempat pupuk lalu diangkut dengan sepeda motor.Kendala utama mengharap bantuan permodalan dari pemerintah.

Sementara ini saya masih belum produksi sebab modal membeli bambu jenis ini adalah bambu khusus apalagi saat ini sedang hujan dan meskipun ada bahan bakunya namun tidak ada sibar matahari untuk menjemurnya “, terangnya.

Kades Bajuran Hasan menyampaikan,” Di sini ada dua pengrajin.Keduanya pernah mengikuti pelatihan, keduanya saatvini terpaksa belum produksi karena terkendala tidak ada sinar matahari akibat hujan untuk menjemur bahan baku kerajinan.

Hasil kerajinan yang dibuat mempunyai kwalitas tinggi bahkan jika dijual ke luarpun tidak usah diragukan lagi “, kata Kades Bajuran.

Munif berharap Dikoperindag membantu dalam peningkatan produktifitas hasil kerajinan juga membantu dari sisi pemasaran agar hasil kerajinannya dikenal bahkan jadi icon desa Bajuran.(Cipto)

Previous

AKSI PENCURIAN MOTOR TEREKAM KAMERA CCTV.

Oknum ASN Inisial AK Yang Diduga Telantarkan Istrinya, Inspektorat Situbondo Tunggu Pengaduan Tertulis

Next

Tinggalkan komentar