Dukung Program Bupati Situbondo, Pemdes Sumber Tengah Utamakan Pembangunan Jambanisasi

| | ,

Dukung Program Bupati Situbondo, Pemdes Sumber Tengah Utamakan Pembangunan Jambanisasi

SITUBONDO ( miris.id ) – Program Kesehatan di Lingkup Desa terkait Pelayanan Kesehatan memang sudah sejak tahun 2015 di Desa Sumber Tengah Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo diutamakan.

Pasalnya banyak nya penyakit seperti diare, muntaber dan DBD karena kurangnya Jambanisasi banyak warga mandi serta BAB di Sungai, hal tersebut membuat Maraknya penyakit Diare, Muntaber dan DBD yang sering diderita Warga Sumber Tengah.

Melalui Program Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, M.M tentang Mengutamakan pelayanan kesehatan ini sesuai dengan kebutuhan Masyarakat desa Sumber Tengah.

Kepala desa Sumber Tengah Suryadi menyampaikan program Bupati sangat tepat terkait Pelayanan Kesehatan memang sangat dibutuhkan oleh Warganya.

” Warga saya sekitar 2.370 sudah sejak Tahun 2015 saat saya baru menjabat jadi kepala desa sudah menganggarkan Jambanisasi setiap tahunnya guna mencegah Penyakit seperti Diare, Muntaber dan DBD,” Tuturnya.

Kepala desa dua periode ini menerangkan bahwa setiap tahun sudah dianggarkan Jambanisasi melalui dana DD (dana Desa) dan sudah 70 persen sudah punya Jambanisasi. Karena Pandemi Covid-19 target keseluruhan warga Memiliki Jambanisasi terkendala.

” Sudah 70 % Persen kita cicil dari tahun 2015 target keseluruhan tahun 2020 selesai, karena Pandemi jadi kita belum sempat melanjutkan lagi, sisanya kurang 30 persen insyaallah akan dilanjutkan kembali apalagi sesuai dengan program bapak Bupati H. Karna Suswandi,” Paparnya. Jum’at (12/3/2021).

Suryadi Berharap jika ada sisa anggaran ditahun 2021 ini bisa di manfaatkan untuk pembangunan Jambanisasi lagi, namun masih terkendala dengan anggaran BLT DD serta 8 persen untuk PPKM Skala Mikro.

” Kalau ada sisa kita anggarkan ke pembangunan Jambanisasi lagi karena masih ada keluhan dari Puskesmas Bungatan terkait banyaknya Muntaber yang dialami anak balita serta anak – anak dibawah 10 Tahun, kalau bisa ada bantuan dari pihak dinas terkait,” Harapnya.

Sedangkan Joko warga Dusun Polay Desa Sumber Tengah menuturkan sangat berterima kasih dan mendukung Kepala Desa terkait pembangunan Jambanisasi terkait pelayanan kesehatan untuk Warga.

” Benar mas, kemarin rutinitas warga Sumber Tengah mandi dan BAB di Sungai tidak dewasa maupun anak – anak, namun dengan adanya Jambanisasi Alhamdulillah sangat bermanfaat berkurangnya penderita Muntaber dan DBD untuk anak balita dan dewasa, jadi saya bersyukur sekali, kami warga sangat mendukung dengan adanya pembangunan Jambanisasi kembali karena kalau semua punya Jambanisasi setiap warga setidaknya kita belajar hidup bersih dan mencegah terjadinya penyakit Muntaber dan DBD di Desa Sumber Tengah,” Ujarnya.

( San )

Previous

POHON ROBOH WARGGA SEBUT AKIBAT TERSANGKUT TRUK PENGAKUT KAYU SENGON.

DANDIM 0822/BONDOWOSO BANGGA KIBERJA SATGAS TMMD KE-10 2021 DI DESA KLEKEAN.

Next

Tinggalkan komentar