Di Tahun 2021 Pemdes Curah Jeru Utamakan Pemberdayaan Jadikan Target Optimalkan Ekonomi

| | ,

Di Tahun 2021 Pemdes Curah Jeru Utamakan Pemberdayaan Jadikan Target Optimalkan Ekonomi

SITUBONDO ( miris.id ) – Pemberdayaan Masyarakat merupakan salah satu program pemerintah desa dalam memanfaatkan semua sumber daya yang ada, agar dapat berkembang serta dapat membantu proses kemajuan desa.

Sasaran dalam program pemberdayaan masyarakat ini mencakup semua bidang, mulai dari pemerintahan, kelembagaan, kesehatan, ekonomi masyarakat, teknologi, dan pendidikan.

Seperti halnya Desa Curah Jeru, Pandemi Covid-19 jelas menerjang perekonomian masyarakat, di tahun 2021 kepala desa Sandi, S,P.d akan mengutamakan pemberdayaan ekonomi demi mengembalikan perekonomian desanya kembali Normal.

” Ditahun ini kami utamakan Pemberdayaan Ekonomi, melalui BUMDES nantinya kita akan gerakkan ibu – ibu RT dalam bidang bisnis Jamur yang akan dijadikan pelatihan bagi ibu – ibu dalam membuat usaha,” Tuturnya. Rabu (10/3/2021).

Selain Mengoptimalkan masalah ekonomi, kepala desa Sandi juga akan mengutamakan Pemberdayaan Masyarakat Di Bidang Pemerintah Desa.

” Pemberdayaan masyarakat di bidang pemerintahan desa mencakup semua sumber daya yang ada di pemerintahan desa, seperti kepala desa, perangkat desa dan BPD.

Bentuk dari pemberdayaan ini dapat berupa pelatihan, musyawarah dalam penyusunan program-program desa, koordinasi dalam pelaksanaan program-program desa, dan peningkatan kualitas kinerja di pemerintahan desa.

Dengan adanya program pemberdayaan ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja dipemerintahan desa dalam membangun serta memajukan desa khususnya di sektor perekonomian,” Kata Sandi.

Sandi juga menjelaskan bahwa jika pemberdayaan ekonomi ini berhasil maka secara tidak langsung membantu roda pemerintahan di Pemerintahan Desa Curah Jeru.

” Program pemberdayaan masyarakat di bidang kelembagaan mencakup semua lembaga kemasyarakat yang ada di desa.

Program ini bertujuan untuk membangun lembaga yang lebih terarah, produktif, dan terorganisir. Bentuk program pemberdayaan ini dapat berupa pelatihan, penyelenggaraan kegiatan, dan peningkatan sarana/prasarana.

Dengan program pemberdayaan di bidang kelembagaan ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja lembaga agar dapat membantu pemerintah desa dalam menjalankan roda pembangunan,” Paparnya.

Bahkan menurut Kepala Desa Curah Jeru dengan adanya pemberdayaan ekonomi ini membantu mengurangi pengangguran serta membantu ibu – ibu lebih mudah mendapatkan penghasilan sehingga membuat Perekonomian kembali Normal.

” Program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi merupakan program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian desa. Program ini mencakup pemberdayaan UKM, industri rumah tangga, BUMDes, kelompok tani, pasar, serta penunjang ekonomi masyarakat lainnya.

Bentuk program pemberdayaan ini dapat berupa pelatihan, workshop, pemodalan/permodalan, bantuan alat produksi, peningkatan sarana/prasarana dan lain-lain. Dengan adanya pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat,” Pungkasnya.( San )

Previous

Seorang Wartawan Harus Pandai Mengolah Kata Agar Menarik Bagi Khalayak

ANGGOTA KOMISI VI DPR RI, NASIM KHAN MINTA PERPRES NO.10 2021 DI CABUT .

Next

Tinggalkan komentar