DESA LANAS TAK PUNYA PROGRAM BOR AIR DAN TANDON AIR HUJAN

| | ,

SUMBER MATA AIR DI DUSUN GUCI OLOH DESA LANAS MAMPU SALURKAN KE DUA DESA.

KADES LANAS KEC.BOTOLINGGO SUNIWAR

BONDOWOSO,Miris.id – Sumber mata air di dusun Guce Oleh desa Lanas kecamatan Botolinggo, tidak hanya mampu salurkan air bersih ke seluruh warga desa Lanas, akan tetapi juga mampu disalurkan ke desa Botolinggo dan Gayam.

Air yang disalurkan ke dusun Cemper dan ke dusun Ninggil telah dirasakan 30 KK sedang di dusun Gayam, sekitar 100 KK telah menikmati air bersih dari sumber mata air dari dusun Guceh.

Ini merupakan program dari Pamsimas 2017 yang difasilutasi Pemerintahan desa
Kades Lanas Suniwar mengatakan,” Disini sempat program bor air dan tandon air hujan sempat jadi bahan pembicaraan, namun perlu diketahui bahwa kedua program itu tidak dimusdeskan atau tidak ada sama sekali, yang ada hanya Pipanisasi.

Pipanisasi tersebut berdasar permintaan atau usulan masyarakat dan pipanisasi dianggarkan karena beekaitan dengan program Pamsimas yang sudah lama dirasakan seluruh warga desa Lanas. Sumber mata air di Guceh Oloh cukup melimpah dan lebihbdari cukup namun pembagiannya tetap diatur agar semua dapat kebagian sekecil apapun.

Perlu diketahui bahwa, jarak tempuh air dari sumber di dusun Guceh Oloh ke rumah saya ini diperkirakan mwncapai 17 KM kemudian dari tempat ini ke dua dusun tersebut, bisa dibayangkan berapa paralon atau pipa untuk sampai di tempat itu dengab jaraknya lumayan jauh.Yang penting masyarakat merasakan air bersih “, kata Suniwar di rumahnya.

Kades Lanas Suniwar menegaskan kembali bahwa program randon air hujan dan bor air tidak ada sama sekali bahakn tidak dimusdeskan pada tahun 2017 hingga sekarang yang ada pada saat itu program Pamsimas.(Cipto)

Previous

Hilang Bak Ditelan Bumi, Sepeda Motor Kendaraan Dinas Sekdes Paowan dipertanyakan Warga

Mengenal Sosok Lina Latifah Contoh Inspiratif Bagi Pejuang Pahlawan Devisa Via Asia

Next

Tinggalkan komentar