Reboisasi: Jangan Lagi Ada Alih Fungsi Di Kawasan Pegunungan Ijen

| |

Bondowoso,Miris.Id – Reboisasi tahun 2020 di sejumlah lereng kawasan gunung Ijen banyak menyedot antusias dari berbagai kalangan.

Anggota DPRD Komisi IV, H. Mahfid, mengungkapkan, Selasa (10/11/2020), ikut menanam pohon merupakan bentuk apresiasi DPRD kepada Forum Reboisasi Bondowoso (FRB). Karena Komisi IV menilai FRB berhasil menggugah banyak pihak untuk peduli terhadap masa depan kawasan Ijen.

“Kami mengapresiasi FRB yang telah melakukan reboisasi di gunung suket,” ungkapnya.

Komisi IV berharap FRB terus menggalakkan aksi reboisasi ke sejumlah tempat yang membutuhkan pemulihan. Sebab, pihaknya menyebut jika masih ada lahan gundul akibat alih fungsi hutan menjadi lahan produktif.

Desakan FRB kepada Komisi IV untuk membuat tim investigasi penyebab kerusakan alam, Komisi IV mengaku akan melakukan renana tindak lanjut.

“Maka FRB nantinya tidak skatmat di gunung suket saja, akan tetapi untuk bergerak masif di seluruh gunung yang sudah di buat lahan produktif oleh oknum tak bertanggung jawab untuk di lakukan Penanaman,” pintanya.

Politisi PKB itu juga berharap masyarakat bisa mengambil pelajaran dari terjadinya bencana banjir. Menyadari bahwa alam harus senantiasa dijaga kelestariannya. Sebab jika tidak, alam yang rusak akan menjadi marabahaya bagi keberlangsungan hidup manusia. Jangan sampai ada alih fungsi lahan lagi.

Sementara salah satu anggota FRB, Eko Setya Budi, menegaskan, jika gerakan serangan reboisasi merupakan bentuk perhatian terhadap kondisi kawasan Gunung Suket yang terindikasi adanya ketidakadilan terhadap lingkungan. Banyaknya kerusakan alam disinyalir disebabkan oleh perbuatan perusakan.

“Salah satu akibatnya, tak lain kemarin 29 Januari 2020 kita lihat bersama banjir bandang di Kecamatan Ijen yang disebut hulunya terjadi di Gunung Suket.

Pengurus FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) Paralayang Bondowoso itu juga berharap nota kesepatan bersama antara FRB dan Kodim 0822, Kapolres, Pemerintah Daerah serta Perhutani benar-benar bisa di wujudkan.

penulis : edo F/wso

Previous

Terkait Video Viral Paslon 01 Bagikan Uang, Ini Kata Bawaslu Situbondo

Netralitas: ASN Dilarang Berkampanye Di Masa Pilkada

Next

Tinggalkan komentar