Aturan Baru Untuk Menikah Di Tahun 2021

| | ,

Aturan Baru Untuk Menikah di Tahun 2021

Situbondo ( Miris.id ) – Menikah adalah harapan setiap pasangan yang ingin melanjutkan sebuah hubungan.Namun perceraian juga merupakan suatu keputusan bagi pasangan yang merasa rumah tangganya tak bisa dilanjutkan kembali.

Di tahun 2021 Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Situbondo Melalui Hadi SH bagian panitera menjelaskan tentang Peraturan baru untuk menikah

” Untuk indeks perceraian yang terjadi di tahun 2020 Alhamdulillah mengalami penurunan akan tetapi ada kenaikan di perkara pernikahan. kenaikan perkara itu karena aturan UUD pernikahan yang berubah,” Ujarnya.

Pasalnya semula untuk wanita usia minimal 16 tahun dan pria usia 19 tahun boleh menikah akan tetapi perturan UUD pernikahan yang baru wanita minimal 19 tahun dan pria 19 tahun.

” Jadi Aturan Baru untuk menikah minimal Umur 19 Tahun,” Paparnya.

Sedangkan Faktor penyebab terjadinya perceraian selain masalah tidak adanya keharmonisan dalam keluarga. pandemi juga mempengaruhi biduk sebuah rumah tangga. intinya pertengkaran karena ekonomi yang sudah tidak stabil.

” Untuk biaya permohonan perceraian sudah di sesuaikan dengan ketentuan yang berlaku
Pendaftaran permohonan perceraian bisa melalui online maupun secara langsung datang ke Pengadilan Agama yang beralamat di jalan Jaksa Agung Suprapto No.18 Situbndo,” Kata Hadi SH. Selasa (12/1/2021).

Proses permohonan perceraian melalui online. Sidang perceraiannyapun melalui online selain biaya pendaftaran yang lebih murah pemohon tidak usah datang ke kantor Pengadilan Agama,cukup melalui email saja.

Sehubungan dengan penurunan perceraian.di tahun 2020 tidak menutup kemungkinan di tahun ini akan mengalami peningkatan mengingat pandemi covid 19 yang juga menjadi pengaruh atau alasan terjadinya percerain.

Hadi SH saat ditemui diruangannya dimana dirinya selaku Panitera menghimbau kepada pasutri untuk lebih mengutamakan keharmonisan rumah tangga dengan saling memberikan pengertian mengingat dimasa pandemi ini adalah sangat rentan dalam mngontrol emosi.

” semoga saja pandemi segera berlalu karena bagaimanapun kita sebagai aparat pemerintahan wajib melayai masyarakat,” Tegasnya. (Elly)

Previous

Raih Predikat WBK Belasan Anggota Polres Bondowoso Terima Penghargaan Kapolres

Kapolsek Tenggarang Pimpin Operasi Yustisi Gabungan Kabupaten Dan Gugus Tugas Tenggarang

Next

Tinggalkan komentar