APBDes Lelet, DD Tahap 1 Belum Cair, BLT DD Dipertanyakan Masyarakat Kapan Disalurkan

| | ,

APBDes Lelet, DD Tahap 1 Belum Cair, BLT DD Dipertanyakan Masyarakat Kapan Disalurkan

SITUBONDO ( Miris.id ) – Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di Kabupaten Situbondo belum beres. Imbasnya, Dana Desa (DD) Tahap 1 tak kunjung cair hingga pertengahan Maret 2021.

Tak hanya itu Masyarakat Pedesaan khususnya yang merasa terdampak Pandemi dimana pihaknya selaku KPM BLT DD menanyakan kapan BLT DD disalurkan.

” Kita juga gak mau menyalahkan Pemerintah kalau masalah Virus Covid-19, tapi dampaknya yang harus diperhatikan, kita sangat butuh bantuan dari pemerintah khususnya BLT DD yang mana sampai saat ini belum juga disalurkan,” Ujar Sumiati Warga Desa Sumber Tengah Kecamatan Bungatan.

Senada juga Juhariyanto warga Desa Demung yang bisa dikategorikan warga kurang mampu, dimana pihaknya juga menanyakan bantuan yang bersumber dari dana Desa (DD) Tersebut.

” Darimana lagi kita berharap kalau tidak dari bantuan pemerintah, sampai saat ini belum juga diberikan, saat ditanya pasti pihak desa katakan belum cair, karena banyaknya aturan yang harus dirubah,” Tuturnya.

Hal tersebut mendapat tanggapan dari Bupati LSM Lira Situbondo Didik Martono, pasalnya ia mengatakan bahwa Penyelesaian APBDes dikatakan Lelet.

“ Hingga saat ini, belum ada Pemdes yang mengajukan pencairan DD tahap I. Belum ada yang dicairkan, sampai mereka (Pemdes) menyelesaikan APBDes 2021 dan LPJ penggunaan DD tahun lalu,” Ujar Bupati Lira Situbondo Didik Martono.

Ia berharap 132 pemerintah desa (Pemdes) di 17 kecamatan segera merampungkan APBDes 2021 dan LPJ penggunaan DD tahun lalu. Sebab, jika 1 desa belum tuntas, maka akan berpengaruh pada pencairan DD di desa lainnya.

“ Optimalkan keberadaan pendamping desa (PD) agar kedua proses itu berjalan dengan lancar dan tuntas segera,” sarannya.

Didik menerangkan bahwa saat ini Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, M.M sudah menegaskan kepada DPMD agar pihak Kecamatan mendorong Pemdes secepatnya menyelesaikan APBDes namun lebih sepekan banyak Desa yang belum merampungkannya.

” Kalau belum menyelesaikan APBDes bagaimana bisa cair, kalau belum dicairkan bagaimana BLT DD disalurkan, imbasnya ke Masyarakat,” Paparnya.

Masyarakat berharap setidaknya akhir bulan Maret sudah bisa dicairkan, karena bantuan yang bersumber dari Dana Desa tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat Penerima BLT DD pada khususnya.

( San )

Previous

Giat Bupati Ngantor Di Balai Desa Paowan, Warga Minta Bupati Nonaktifkan Kades

Mengenal Sosok Lina Latifa TKW Singapore Asal Situbondo

Next

Tinggalkan komentar