Tak Sulit Mencari Tembakau Besuki Murah Berkualitas ! Disini Tempatnya

| |

Tak Sulit Mencari Tembakau Besuki Murah Berkualitas ! Disini Tempatnya

SITUBONDO ( MIRIS.ID ) – Indonesia termasuk salah satu negara penghasil tanaman tembakau terbesar dunia. Kualitas tembakau lokal sangat diperhitungkan di pasar internasional. Hasil pertanian yang sering disebut sebagai ‘green gold’ ini banyak ditemui di berbagai wilayah di tanah air, dengan ciri atau varietas unggulannya masing-masing.

Tembakau memang bukan tanaman asli Indonesia. Pedagang asal Portugis lah yang membawanya ke Indonesia, di masa kolonial. Tidak heran dari sebutannya, Tembakau mirip dengan kata Tabago atau Tumbago dalam bahasa Portugis.

Dalam perkembangannya, justru orang Belanda yang mengembangkan sekaligus mempopulerkan tembakau di Indonesia. Melalui sistem tanam paksa atau cultuurstelsel, penanaman tembakau dilakukan secara besar-besaran di Indonesia pada 1830 di bawah pimpinan Gubernur Van den Bosch. Pembukaan lahan untuk tanaman tembakau dilakukan di sekitar Semarang, Jawa Tengah. Namun, saat itu mengalami kegagalan.

Tak patah arang, pada 1856, orang Belanda kembali mencoba membudidaya tembakau dengan lahan perkebunan lebih luas di daerah Besuki, Jawa Timur. Jenis tembakau yang ditanam di daerah Besuki merupakan hasil persilangan antara jenis Kedu dan jenis Deli. Budidaya tembakau berhasil dilakukan di Besuki. Dua tahun kemudian, tepatnya 1858, dilakukan penanaman tembakau cerutu di Klaten, daerah penghubung antara Yogyakarta-Surakarta.

Penanaman tembakau juga dilakukan di luar Jawa, yakni di daerah Deli, Sumatera Utara dipelopor J. Nienhuys pada 1863. Jenis tembakau Deli merupakan jenis tembakau cerutu paling baik untuk keperluan pembungkusan cerutu.

Besuki, Klaten dan Deli kini menjadi lumbung tembakau jenis cerutu di Indonesia. Dalam perdagangan internasional khususnya Eropa, Indonesia masih merupakan penyuplai komoditas tembakau cerutu peringkat atas yang diperhitungkan. Di pasar internasional, tembakau Besuki dan Klaten lebih tenar dengan sebutan tembakau Jawa. Sedangkan tembakau Deli lebih dikenal dengan tembakau Sumatera.

Kecuali Kalimantan, hampir semua daerah di Indonesia sangat cocok ditanami tembakau. Total saat ini ada 192.525 hektar lahan tanaman tembakau tersebar di seluruh pelosok tanah air. Bahkan sebelumnya tercatat mencapai 260.000 hektare lahan tanaman tembakau. Tidak heran jika Indonesia menjadi negara penghasil tembakau terbesar di ASEAN. Total produksi bisa mencapai 166.262 ton. Jumlah petani tembakau pun sangat banyak.

Nah bagi anda yang ingin merasakan Tembakau Asli Besuki dengan Harga Murah tapi terjamin kualitasnya, bisa langsung datang ke alamat kembang suko selatan desa suboh Kecamatan suboh Kabupaten Situbondo.

Dengan tembakau yang sudah dibungkus per Paket bisa dibeli dengan Harga Rp. 10.000,- ( Sepuluh Ribu Rupiah ) / Per Bungkus. Atau hubungi nomer Telpon/WhatsApp dibawah ini
0852-3696-4257

Previous

Cari Makanan Khas Jogja Dengan Harga Murah Semuanya Di Angkringan AHZA

Terkait Dugaan Berita Bohong Tentang Adanya Demo Di RS Mitra Sehat, Media BUMIA Resmi Dilaporkan RT Setempat

Next

Tinggalkan komentar