Ribuan Warga Ikut Tradisi Petik Ikan Kuras Bendungan Sampean Baru

| |

Bendungan Sungai Sampean Baru

Bondowoso ( Miris.id ) – Petik ikan tawar tradisi dua kali dalam setahun di sepanjang aliran sungai bendungan Sampean baru,Hampir Ribuan warga berkumpul di aliran Bendungan Sampean Baru Bondowoso untuk mengikuti petik ikan.

Tradisi tahunan kuras bendungan dilaksanakan pada  musim penghujan,untuk membersihkan lumpur dan kotoran yang mengendap di bendungan. Minggu (1/11/2020).

Bendungan Sampean Baru yang terletak di Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso, merupakan bendungan terbesar di Bondowoso dan menjadi andalan warga Bondowoso dan Situbondo untuk lahan pertanian.

Setiap 6 bulan sekali, bendungan ini menggelar tradisi petik ikan atau kuras bendungan, seperti pada awal musim hujan ini. Petik ikan sendiri langsung dimanfaatakan ribuan warga untuk menangkap ikan di sepanjang aliran sungai.

Tak hanya warga Bondowoso, para warga dari kabupaten tetangga seperti Jember dan Situbondo, tumpah ruah memeriahkan acara petik ikan ini. Dengan menangkap ikan – ikan yang berada di dalam sungai bendungan yang hitam kelam sehingga membuat ikan-ikan mabuk.

Menurut Saiful warga setempat, hasil tangkapan warga bervariasi seperti ikan mujair, nila, tawes dan juga lele. Jika beruntung warga berhasil menangkap sidat dengan ukuran raksasa.

” Tidak hanya kaum laki – laki, bahkan anak-anak hingga ibu rumah tangga mengikuti acara petik ikan dengan membawa peralatan tradisional seperti alat pancing, jaring, dan rantang tempat kue,” kata Saiful.

( ED/JK ).
 

Previous

Masyarakat Berharap Inspektorat Profesionalisme Terkait Kasus Dugaan Korupsi di Pemdes Paowan

KPU Tetap Akan Fasilitasi Hak Pilih Suara Pasien Covid -19

Next

Tinggalkan komentar