Menu Close

FKUB dan Bakesbangpol Harapkan Kondusifitas Jelang Pilkada Serentak

MIRIS.ID Situbondo – (FKUB) Forum Kerukunan Umat Beragama adakan (Rakor) Rapat Kordinasi di Kantor (Bakesbangpol)
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Situbondo. Rabu (17/6/2020).
Yang dihadiri Oleh ketua FKUB KH.Yusron,
Dewan Penasehat FKUB KH.Saiful Muhyi
Kepala Kemenag Misbahul Munir, dan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Situbondo Edy Wiyono.

Rakor tersebut juga mengundang Perwakilan Komunitas dari 7 Agama
(Islam) Tokoh NU dan Tokoh Muhammadiyah, (Kristen Khatolik), (Kristen Protestan), (Budha), (Hindu), dan Kongwucu.

Rapat koordinasi tersebut membahas tentang jika ada Masyarakat yang pindah agama selayaknya dari pihak Kemenag memberikan Piagam agar ada bukti Pindah Keyakinan. Hal tersebut di ungkapkan langsung oleh Kepala Bakesbangpol Kabupaten Situbondo Edy Wiyono.

“iya jika ada Masyarakat yang mau pindah keyakinan / pindah Agama kami mengusulkan agar pihak Kemenag Khususnya di Kabupaten Situbondo memberikan Bukti seperti halnya memberikan Piagam,” Pinta Edy Wiyono. Rabu (17/6/2020).

Selain itu rapat koordinasi juga Membahas terkait kondusifitas terkait Pilkada Serentak jangan sampai Agama diikut sertakan dalam menghadapi Pesta Demokrasi untuk Pasangan Bakal Calon maupun Pendukung Bakal Calon.

“Kami Bakesbangpol selaku Pembina Partai serta para lembaga bekerja sama dengan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) untuk menjaga kekondusifan terkait Pilkada Serentak, Bahkan pihak Kami jangan sampai Ada oknum Bakal Calon bahkan oknum – oknum dari para pendukung mengikut sertakan Urusan Agama dalam Dunia Politik,” Kata Ketua FKUB KH. Yusron.

Bahkan KH. Yusron juga menghimbau jika ada oknum – oknum Bakal Calon, Bahkan adanya Oknum – Oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan Agama maupun Parah Tokoh Agama silakan Adukan / Laporkan.

“Kalau ada oknum yang tidak bertanggung jawab seperti itu, secara langsung maupun melalui Medsos dengan mencampur adukan atau mengatasnamakan agama maupun para Tokoh Agama silakan Adukan atau Lapor Kepada Kami,” Tegasnya.

Sedangkan Kepala Kemenag Kabupaten Situbondo Misbahul Munir menerangkan Permasalahan Pindah Keyakinan pihaknya sangat mendukung dengan memberikan sebuah bukti seperti Surat Keterangan serta Memberikan sebuah Piagam.

“Jika ada yang pindah keyakinan/ Pindah agama saya akan memberikan Surat Keterangan dan surat tersebut akan di catat dan diserahkan di KUA (Kantor Urusan Agama) disetiap Kecamatan ditambah kami akan memberikan Sebuah Piagam agar menjadi sebuah Bukti bahwa pihaknya Pindah Agama,” Ujar Misbahul Munir.

Sedangkan terkait kekondusifan masalah Pilkada Serentak jika ada oknum yang mencatut nama Agama dan Tokoh Agama pihaknya mendukung untuk ditindak tegas.

“Saya sangat setuju dan sangat mendukung jika ada oknum mencatut Agama bahkan Tokoh Agama dalam urusan Pilkada harusnya memang ditindak lanjut,” Pungkasnya.

Sedangkan Dewan Penasehat FKUB KH. Saiful Muhyi Berharap Kekondusifan Untuk Kabupaten Situbondo agar menjadi Lebih Baik.

(Admin/Read)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *