Hukum dan tradisi, Terkait Bupati Karna Suswandi Menempati Pendopo Sebelum Pelantikan

| |

Hukum dan tradisi, Terkait Bupati Karna Suswandi Menempati Pendopo Sebelum Pelantikan

insya Allah 4 hari lagi lagi akan punya pemimpin baru dengan akan dilantiknya saudara Karna Suswandi sebagai Bupati dan dan Nyai Khaironi sebagai wakil Bupati

Merujuk pada ketentuan pasal 60 UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah
“Masa jabatan kepala daerah wah adalah 5 tahun terhitung sejak pelantikan”

Dan pasal 61 UU nomor 23 tahun 2014
“Kepala daerah sebelum memangku jabatannya dilantik dengan mengucapkan sumpah/ janji”

Secara yuridis setelah dilantiknya bupati dan wakil bupati, secara otomatis langsung melekat tugas, wewenang, kewajiban dan hak-hak (keuangan, protokoler) bupati dan wakil bupati sebagaimana diatur:

– pasal 65 – 75 UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

– PP 59 tahun 2000 tentang hak keuangan/ administratif kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Persoalannya sekarang saudara Karna suswandi Bupati terpilih yang belum dilantik sejak tanggal 13 Februari 2021 sampai catatan ini dibuat tanggal 22 Februari 2021 sudah menempati pendopo / rumah dinas / rumah jabatan Bupati.

Sebelum kita pada kesimpulan patut atau tidak seorang yang belum dilantik yang juga belum melekat hak dan kewenangan nya sebagai bupati sudah menempati rumah jabatan. Kita perlu tahu regulasi yang mengatur tentang rumah dinas, merujuk pada peraturan pemerintah Nomor 31 tahun 2005 tentang rumah negara.

– pasal 1 poin 1, rumah negara adalah bangunan yang dimiliki oleh negara dan berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga serta menunjang pelaksanaan tugas pejabat dan/ atau pegawai negeri.

– pasal 1 poin 5, rumah negara golongan 1 adalah rumah negara yang dipergunakan bagi pemegang jabatan tertentu dan karena sifat jabatannya harus bertempat tinggal dirumah tersebut serta penghuninya terbatas selama pejabat yang bersangkutan masih memegang jabatan tertentu tersebut.

Jadi dasar hukum yang mengatur rumah negara (rumah dinas) :

1. PP Nomor 40 tahun 1994 tentang rumah negara.
2. PP Nomor 31 tahun 2005 tentang perubahan PP Nomor 40 tahun 1994.
3. PP nomor 11 tahun 2008 tentang cara pengadaan, penetapan status, pengalihan status dan pengalihan hak atas rumah negara.
4. Permen PU Nomor 22/PRT/M/2008 tentang pedoman teknis pengadaan, pendaftaran penetapan status, penghunian, pengalihan status dan pengalihan hak atas rumah negara.

– TRADISI

Sudah menjadi tradisi di kehidupan masyarakat Situbondo, apabila pindah atau menempati rumah baru, Calon penghuni rumah melakukan serangkaian acara yang menjadi tradisi seperti ; mencari hari baik saat masuk rumah baru, mencari hari baik saat menempati rumah baru dan doa bersama di rumah baru. dalam konteks saudara Karna suswandi yang belum dilantik sebagai bupati sudah masuk dan menempati rumah dinas (Pendopo) dapat disampaikan sebagai berikut :

– menjadi hal yang biasa dan lumrah apabila bupati yang belum dilantik masuk rumah dinas (Pendopo) untuk mengetahui kondisi pendopo yang akan ditempati, terlebih bagian umum setda kab pasti akan meminta masukan tentang interior dan furniture di Pendopo.

– menjadi hal yang tidak biasa bupati yang belum dilantik sudah menempati rumah dinas (Pendopo).

Dari rangkuman catatan diatas dapat disimpulkan :

1. Saudara Karna Suswandi belum dilantik sebagai Bupati Situbondo, belum melekat Tugas kewajiban, wewenang dan hak keuangan protokoler.

2. Pendopo Bupati adalah rumah negara golongan 1 yang dihuni terbatas selama pejabat yang menempati masih memegang jabatan. Saudara Karna Suswandi belum dilantik/belum memegang jabatan Bupati, seharusnya tidak patut menempati pendopo Bupati terlebih dahulu sebelum dilantik sebagai bupati. Terlebih selama menempati memanfaatkan fasilitas yang ada di Pendopo.

3. Menjaga tradisi adalah sesuatu yang baik, tetapi Apakah tidak ada hari yang terbaik setelah dilantik sebagai bupati untuk menempati pendopo.

Catatan ini hanya untuk memberi pencerahan kepada masyarakat, bahwa bupati sebagai pemimpin harus memberi teladan dan contoh yang baik bagi masyarakat.

Previous

Polsek Bondowoso Dan anggota Polres Amankan Peresmian Graha NU Bondowoso.

Terkait Pelaksanaan Musrembang 2022, Narwiyoto Katakan Sudah Benar Meskipun belum ada RPJMD definitif Bupati terpilih

Next

Tinggalkan komentar